Malam Bina Iman dan Takwa Akhir Tahun 2017

Mabit Akhir Tahun shambustory.com

Assalamu’alaikum

Belum lama kita dipertemukan dengan tahun 2016, kemudian kita mesti segera berganti kepada tahun 2017. Lalu sama hal nya juga dengan sekarang, belum puas rasanya menikmati tahun 2017, kita sudah dipertemukan dengan penghujung tahun menuju 2018.

Bila menuju pergantian tahun khususnya pada kalender Masehi biasanya kita selalu mempersiapkkan diri untuk menyambutnya.

Kita kerap memperingati momen yang hadir hanya setahun sekali ini dengan berpesta pora, bersenang-senang, hura-hura, memperdengarkan nyayian, membunyikan trompet dan menyalakan kembang api.

Kerap kita dihadapkan dengan situasi yang begitu mainstream-nya sebab yang ada dan terjadi di momen tahun baru hanyalah itu-itu saja.

Sebagian besar aktivitas yang kita jalani saat tahun baru yang saya jabarkan di atas adalah bersifat duniawi. Jika merujuk pada sudut pandang dalam Islam, maka kesemua hal tersebut adalah sama saja dengan apa yang dilakukan oleh orang-orang Nashrani ataupun Kaifr, Naudzubillah Himindzalik.

Tapi apalah daya ketika mayoritas masyarakat di berbagai belahan dunia menggelar perayaan tahun baru Masehi dengan cara demikian, sedangkan ilmu agama yang kita miliki mungkin masih cetek, dengan sangat terpaksa mesti membuat kita terjebak di dalamnya. Seperti saya pada beberapa tahun silam yang sangat suka sekali merayakan tahun baru Masehi

Ada banyak orang yang mungkin masih condong kepada hal duniawi sehingga turut serta merayakan tahun baru dengan penuh euforia. Namun ada juga yang sudah jenuh melihat fenomena momen pergantian tahun Masehi ini dan memilih untuk tidak bergabung bersama golongan yang mainstream tadi.

Ketika disampaikan pada titik jenuh dengan euforia duniawi di malam pergantian tahun Masehi, ada setitik asa yang Allah SWT curah limpahkan kepada kita. Terdapat alternatif lain untuk kita bisa melewati malam pergantian tahun dengan penuh makna dan manfaat tanpa kita harus terjerumus ke dalam hal yang tidak di-Ridhoi oleh Allah Ta’la.

Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) bisa menjadi solusinya. Kegiatan tersebut bisa kita ikuti di berbagai Masjid yang menyelenggarakan di wilayah tempat tinggal sahabat shambustory sekalian.

Kegiatan MABIT biasanya berisikan kajian atau ceramah agama Islam di malam ba’da Isya atau ba’da Subuh dan juga Qiyamul Lail atau Shalat Tahajjud berjama’ah.

Bagi teman-teman yang tidak ingin ketinggalan dengan kegiatan ini, berikut saya share informasi tentang MABIT yang ada di wilayah Jakarta, Depok, dan sekitarnya:

Jakarta 

MABIT Masjid Daarut Tahid Jakarta.

MABIT Final Destination
MABIT Final Destination, BSD.
MABIT bersama Imam muda Indonesia di Masjid Nurul Amal, Jakarta.

Depok

MABIT di Depok bersama Imam dari Indonesia Tanpa JIL chapter Depok.

Demikianlah sekilas info mengenai kegiatan MABIT atau kegiatan rohani Islam di malam pergantian tahun besok. Semoga bisa menjadi referensi bagi teman-teman untuk melewatkan malam tahun baru dengan penuh manfaat.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca blog shambustory.com.

Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *