Video: Pak Jokowi Dalam Forum Internasional

Yuk nonton dan kita telaah sejenak video Pak Presiden Jokowi dalam sebuah forum Internasional berikut ini:

Apa respon kalian sebagai warga negara Indonesia ketika melihat tayangan video di atas?

Saya pribadi menanggapi tayangan video di atas saya menyimpulkan bahwa perihal komunikasi, Jokowi tidak lebih baik dari SBY.

Dalam video Pak Jokowi terkesan tidak memahami persoalan yang ada yang mungkin disebabkan karena kekuranpahamannya Pak JKW akan percakapan bahasa Inggris yang diucapkan oleh MC dan juga para tamu undangan yang ada sehingga menjadikan Pak JKW jadi salah tingkah dan muncullah gerak gerik yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang Presiden ketika sedang berada dalam sebuah forum.

Bahkan sampai-sampai Pak JKW sok-sok melontarkan atau melemparkan pertanyaan atau tantangan kepada Menteri yang ada saat itu ketika sedang salah tingkah dan juga dibeberapa kesempatan yang terlihat dalam video Pak JKW terlihat tidak menunjukkan keprofesionalitasannya sebagai seorang kepala Negara ketika pandangannya tidak memperhatikan orang yang sedang bicara dihadapannya sedangkan Beliau malah sibuk dengan melihat teks.

Sebagai perbandingan, saat SBY masih menjabat sebagai Presiden saya kerap mengamati dan nonton SBY sewaktu Beliau sedang berpidato dihadapan orang lokal maupun orang asing. Dibeberapa kesempatan yang sempat saya lihat di televisi saat itu kalau tidak salah saya menonton Pak SBY ketika sedang berpidato dalam peringatan KAA di Senayan,  Pak SBY terlihat tampak percaya diri, tegas, memahami permasalahan dan materi yang Ia bawakan atau sampaikan kepada publik dan beliau nampak fasih  dan begitu menguasai bahasa Inggris dalam membawakan pidato yang Ia bawakan di hadapan para tamu negara tanpa membaca teks sama sekali kalau tidak salah.

Untuk video yang berkaitan dengan ulasan saya tentang pidato SBY dalam peringatan KAA, silahkan kamu cari sendiri di YouTube, tapi setidaknya video berikut ini dapat menjadi bukti jikalau beliau memang fasih dan cukup menguasai percakapan dalam bahasa Inggris:

Pada video di atas Pak SBY berpidato tanpa menggunakan teks dan langsung spontan dalam bertutur dengan bahasa Inggris yang tentunya pidato tersebut sudah dikonsepkan terlebih dahulu dan pandangan mata tertuju pada audiens yang hadir.

Walaupun Pak JKW juga pernah berpidato berbahasa Inggris tanpa teks dalam pidatonya pada KTT lalu, dan dalam bebrapa kesempatan juga Pak SBY juga kerap melihat teks ketika berpidato namun soal kefasihan berbahasa menurut pengamatan saya masih lebih unggul Pak SBY.

Lalu pelajaran apa yang bisa kita ambil setelah kita menonton video di atas. Pertama adalah pentingnya penguasaan suatu masalah secara mendalam sehingga ketika kita berada dalam suatu forum diskusi seperti kita dapat dengan mudah menjabarkan apa yang memang sedang dipertanyakan dan dipersoalkan dalam forum tersebut.

Kedua adalah pentingnya penempatan diri. Kita mesti dapat menempatkan diri sesuai dengan tempatnya. Jika memang kita berada di forum internasional yang kita mau tidak mau mesti dapat dengan mudah menyesuaikan diri seperti misalnya penguasaan bahasa asing. Disini kita tidak mungkin mengedepankan ego kita untuk tidak menguasasi bahasa asing sepenuhnya.

Ketiga adalah pentingnya menjaga etika dalam sebuah forum. Tidak seharusnya orang nomor satu di negeri ini memalingkan wajah ketika MC atau moderator sedang berbicara dengan serius sedangkan objek yang diajak bicara malah sibuk dengan hal yang seharunya tidak dilakukan.

Tirulah yang baik dari pemimpin kita dan jangan tiru hal yang tidak baik dari pemimpin kita 🙂

Ya, demikianlah ulasan dan tanggapan saya sebagai netizen terhadap video forum yang sedang dihadiri oleh Pak Jokowi dengan perbandingan gaya bahasa JKW VS SBY.

Tulisan ini hanyalah asumsi, tanggapan, saran dan komentar saya pribadi semata bukan bertujuan untuk meremehkan dan menjelek-jelekan gaya komunikasi dari kedua Presiden RI di atas karena setiap manusia memiliki gaya komunikasi yang berbeda.

Walau memiliki gaya yang berbeda dalam komunikasi tapi setidaknya tetap harus melakukan yang terbaik dalam hal komunikasi sebab gerak-gerik dan tindak tanduk yang dilakukan oleh Presiden menjadi ujung tombak akan nama baik bangsa yang besar ini.

Lalu bagaimana tanggapan kalian menyikapi video Pak Presiden kita diatas? Yuk share tanggapan kalian 🙂

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.