UAS Semester 3

Assalamu’alaikum

Dua hari kemarin Sabtu & Minggu saya baru saja melakasakan ujian akhir semester, Alhamdulillah semuanya berjalanan dengan lancar.

Ya, Uas kali ini berbeda dengan ujian – ujian sebelumnya karena di uas kali ini kebanyakan sifat ujiannya adalah take home / mengerjakan tugas di rumah. Jadi untuk uas kali ini gak ada ujian tertulisnya hanya mengerjakan tugas di rumah dan pada waktu ujian hanya ngumpulin tugas dan hanya absen doang.

Berbicara mengenai ujian yang bersifat take home, kali ini saya mau coba review sedikit tentang tugas apa saja yang saya kerjakan di waktu uas lalu.

Yuk ah kita simak..

Mulai dari…

Tugas Studio Desain

Tugas Studio Desain kok gambarnya aplikasi CorelDRAW sih? Maksudnya apaan nih bero? Jadi untukmata kuliah Studio Desain tugas uasnya adalah kita diminta untuk membuat sebuah produk yang sekiranya dapat berfungsi sebagai solusi dari permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari –  hari dan juga pastinya produk tersebut adalah produk yang memiliki nilai jual yang tinggi serta memiliki nilai urgensitas tinggi untuk diproduksi juga kedepannya produk ini harus dapat diproduksi secara masal.

Dalam tugas mata kuliah ini produk yang dibuat haruslah direalisasikan dalam bentuk nyata. Jadi kita diminta memproduksi produk tersebut ke dalam bentuk prototype. Tugas yang dibuat adalah meliputi pembuatan desain produk serta hasil akhir berupa prototype dan pembuatan buku proposal produk yang berisi tentang hal – hal yang berkaitan dengan pembuatan produk tersebut seperti proses pembuatan produk, estimasi biaya dan aspek pemilihan material produk.

Nah untuk preview gambar di atas itu saya lagi ngerjain layout untuk buku proposalnya, saya ngerjainnya pake CorelDRAW. Kurang lebih sih buku proposalnya berjumlah 10-an halaman.

Lalu tugas ke dua adalah..

Tugas Video Art

Untuk tugas uas mata kuliah ini adalah membuat video art yang berdurasi 3-7 menit.

Dalam tugas video ini kita diharuskan membuat video art dengan mengambil gambar langsung atau shooting dan kalaupun gak shooting kita boleh menggunakan animasi atau membuat video efek sendiri melalui komputer grafis. Tugas ini dikerjakannya secara berkelompok, satu kelomoknya ada yang dua sampai tiga orang.

Kalau saya sih lebih memilih untuk shooting / ngambil gambar dalam tugas ini karena kalau pakai animasi mungkin bakalan lebih ribet dan mesti banyak nguliknya, hehe..

Oiya sebelum ngebahas lebih lanjut soal shooting saya mau nyinggung soal konsep, jadi konsep yang saya buat untuk video ini adalah bercerita tentang orang yang sudah bosan, lelah dan jenuh sebagai pekerja kantoran.

Dengan konsep yang berbau kejenuhan akhirnya video ini saya beri judul “lelah.” Pengambilan gambar untuk video ini sendiri dilakukan selama dua hari. Hari pertama shooting dilakukan barengan temen kelompok saya karena kebetulan temen saya juga yang jadi talentnya. Pengambilan gambarnya berlokasi di daerah Mayestik sama Pakubuwono.

Sedangkan untuk hari kedua pengambilan gambar hanya dilakukan oleh saya saja karena lokasi saya dan teman saya tinggal lumayan jauh. Dan kebetulan juga scene yang diambil memang sudah gak memerlukan talent lagi. Lokasi pengambilan gambar di hari kedua ini adalah di sekitaran Depok dan juga Lenteng Agung.

Maklum lah karena karena kelompok saya cuma berdua doang, ya kita seberusaha mungkin memanfaatkan sumber daya dan kemampuan yang ada. Makannya dalam tugas ini saya jadi sutradara + kameraman dan teman saya sendiri yang jadi talent. Jadi saya ngambil gambar sambil nge-direct deh, haha. Kemudian setelah gambar keambil semua saya pulalah yang ngedit videonya.

Dalam pengeditan video ini saya menggunakan aplikasi video editing Adobe Premiere Pro. Proses pengeditan videonya sendiri sih agak lumayan memakan waktu lama karena sayanya juga ngerjainnya memang sambil molor-molor.

Untuk yang penasaran dengan video tugas saya ini nanti akan saya upload di YouTube, tunggu tanggal mainnya ya, sabar yaaa 🙂

Berlanjut ke tugas yang ketiga. Apa itu tugasnya? Silahkan disimak.

Sejarah Desain

Ya! Inilah tugas ketiga saya yaitu mata kuliah sejarah desain. Rasanya saya gak mau berbicara panjang lebar mengenai tugas ini dengan alasan saya takut puasa saya batal karena kalau saya ngebahas tentang tugas ini lebih dalam yang ada saya malah khawatirnya jadi ngomongin orang, haha :P. Ya pokoknya ini termasuk tugas kuliah saya untuk UAS deh, wkwkwkw..

Baiklah kawan saya rasa cukup sekian dulu sharing pengalaman Uas saya, semoga apa yang saya bagi ini bisa bermanfaat. Selamat berpuasa dan tetap semangat ya, terimakasih 🙂

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.