Subsite / Subdomain? Hapus!

Alhamdulillah saya telah telah berhasil mewujudkan subsite / subdomain yang sempat saya impikan tepatnya di alamat work.shambustory.com dan setidaknya saya membutuhkan perjuangan yang besar untuk dapat merealisasikan subdomain ini. Mengapa saya katakan demikian? Silahkan baca tulisan saya tentang perjuangan untuk subdomain disini 😀

Senang dan puas memang bisa merealisasikan apa yang diimpikan dalam hal ini adalah senang karena saya telah memiliki subsite yang mungkin selama ini nggak pernah kebayang / mikir ke arah sana jauh sebelumnya dan nggak pernah kebayang juga kalau bakalan punya. Tapi rasa senang hati yang saya alami ini sepertinya akan terhenti di titik ini. Kok begitu? Mengapa demikian terjadi? Ada apakah gerangan?

Ya, tiba-tiba akhir-akhir ini saya dihinggapi perasaan kesal dan galau yang kronis dikarenakan hal subdomain ini. Jadi ceritanya subdomain / subsite yang saya punya dari shambustory.com ini sering banget nggak bisa diakses. Setiap kali saya mau ngakses subsite, yang ada malah muncul mercusuar, kalo nggak mercusuar ya muncul tulisan 404 not found gitu.

Yap, pokoknya hal ini sering banget terjadi dan menimpa subsite saya. Dan anehnya hal ini gak terjadi di mainsite saya shambustory.com. Mainsite malah sangat mudah untuk diakses dan jarang banget mercusuar, paling pas awal-awal blog ini mengudara aja terjadi mercusuar karena ada kesalahan teknis yang saya nggak begitu ingat.

Untuk permasalah sering mercusuar di subsite ini, saya sudah menghubungi dan berkonsultasi dengan kustomer servis dari jasa hosting dan domain yang saya gunakan. Jawaban dari sang CS adalah saya diminta untuk melakukan clear cache dan clear cookies dari browser lalu setelah di bersihkan silahkan coba akses web nya. Namun setelah saya coba akses pada waktu itu hasilnya nihil, web saya masih tetap mercusuar dan saya kembali berkonsultasi dengan CS via chat. Kemudian mas CS menyarankan agar saya membuka / mengakses web dengan menggunakan proxy. Oke deh saya ikuti saran dari  mas CS dan dengan segera saya menuju link proxy yang diberikan oleh CS. Setelah saya coba menggunakan proxy dan melakukan clear cookies untuk web dalam proxy tersebut, Alhamdulillah saya bisa membuka dan mengakses web saya.

Hal tersebut cukup lah membuat saya sedikit lega karena web / subsite sudah bisa diakses. Tapi di tengah-tengah perjalanan ketika saya sedang melakukan pembenahan untuk subsite saya, tiba-tiba subsite saya nggak bisa diakses dan muncul tulisan file not found, lalu saya coba akses subsite di tab baru dan hasilnya web hanya tampil 404 not found saja. Hmm, sempat sedikit kesal juga tiba-tiba begini, coba di refresh lagi halaman webnya juga nggak ngaruh.

Akhinya kembali saya menghubungi CS. Pilihan pertama, CS menginstruksikan saya untuk melakukan hal yang sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Dan instruksi tersebut sudah berhasil saya lakukan tapi terkadang web selalu tiba-tiba tidak bisa diakses. Pilihan kedua, CS menginstruksikan saya untuk mencoba mengganti browser lain dan mencoba menggunakan komputer / laptop lain serta juga disarakan untuk mencoba menggunakan provider lain untuk mengkases website.

Sejauh ini saya sudah mencoba mengakses web dengan browser lain. Saya biasa menggunakan Mozilla Firefox dan saya coba akses dengan Google Chrome. Setelah saya pakai Chrome hasilnya tetap sama saja, web tetap mercusuar. Malah lebih parah pakai Google Chrome, web sama sekali nggak bisa diakses walaupun sudah pakai proxy, kalau pakai Mozilla Firefox masih mending sih masih mau terakses. Tapi untuk mencoba menggunakan provider internet lain saya belum mencobanya. CS menyarankan saya untuk coba provider lain sebab provider internet yang kebetulan saya gunakan memang sering banget mercusuar. Waduh, saya ini kan pengguna setia Telkom Speedy, hmmmm #merenung..

Well, udah sering kali konsul sama CS, solusinya yang diberikan sejauh ini masih berupa hal di atas. Hingga saat ini subsite juga masih sering nggak bisa diaskses walau kadang-kadang bisa diakses dan kalau lagi bisa diakses tuh rasanya seneng dan bahagia banget. Hingga akhirnya terbesit di dalam pikiran untuk mau nge-hapus subsite kedepan. Makannya judul tulisan di atas itu terkesan terlalu provokatif banget, ya memang sengaja sih karena saya sudah terlanjur dibuat kesal akan subsite ini.

Ini sih cuma baru wacana aja mau menghapus subsite dan kalau sudah dihapus recananya bakalan bikin domain baru atau mungkin bakalan mengaktifkan domain lama, yaaa kita lihat nanti kedepannya lah..

Nah, kira-kira adakah kawan-kawan punya solusi yang ampuh dan jitu untuk mengatasi masalah yang sedang dialami subsite saya ini, yuk berbagi pengalaman, komentar dan sharing-nya 🙂

UPDATE:

Saya coba akses subsite pakai iPad dan subsite dapat diakses dengan lancar. Kenapa kalau di laptop saya kadang sering nggak bisa ya?

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

9 comments to “Subsite / Subdomain? Hapus!”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Irfan Muda Keumala - 4 February 2015 Reply

    Waduh mas, semoga masalahnya bisa cepat selesai ya.. 🙂

    • rizqishambu - 5 February 2015 Reply

      Oke Amin mas, makasih sudah berkunjung 🙂

  2. MasMimow - 4 February 2015 Reply

    kalo saya pake blogspot biasanya lancar … tapi di broswer harus di kasih www dulu.. contohnya gini http://www.subdomain.domainkita.com ..kalo lansung gak pke www biasanya eror.

    • rizqishambu - 5 February 2015 Reply

      Ohh gitu ya kalo di blogger.. Iya nih saya sudah coba berbagai cara masih belum berhasil juga, masih tetep aja mercusuar.. Kalo saya coba pake www tetep gak bisa juga mas.. Paling sih ujung2nya saya hapus tuh subdomain haha 😛 Makasih sudah berkunjung dan sharing yaa mas 🙂

  3. sandra - 5 February 2015 Reply

    nitip link ya.. klo bisa mohon kunjungannya..
    anekahidrogelborneo.blogspot.com

  4. adi pradana - 7 February 2015 Reply

    Masalahnya semoga cepat terselesaikan…

  5. mawi wijna - 24 February 2015 Reply

    Lebih amannya ngecek pakai web browser Chrome di Mode Incognito atau Firefox di Mode Private Window. Kalau misalkan ada lebih dari 1 browser dengan koneksi ISP yang berbeda bisa mengakses subdomain, berarti untuk browser yg tidak bisa mengakses subdomain tersebut ada kesalahan. Teknik yang paling aman adalah meng-install ulang browser.

    • rizqishambu - 26 February 2015 Reply

      Makasih ya mas, bermanfaat sekali infonya, nanti tak coba deh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.