Radio Saat Berkendara

Terakhir berkendara dengan mobil sih kemarin Jum’at dari Depok menuju Sukabumi. Namanya berkendara atau berperjalanan pakai mobil rasanya ada yang kurang kalau kita melalui perjalan kita tanpa minimal mendengarkan radio, oleh sebab hampir setiap mobil pasti ada radionya.

Begitupun saya, biasa membunuh waktu di perjalanan ketika berkendara mobil sambil mendengar radio. Terutama kalau lagi jalan di daerah kota nih biasanya gelombang radionya masih dapat yang bagus dan berkualitas, jadi sayang banget kalau saya enggak sama sekali dengar radio.

Nah karena saya tinggal di Depok dan mayoritas saya lebih sering berkendara dan berpergian di dalam kota (kalau pergi ke luar kota bisa dihitung jari) menggunakan mobil, saya kerap mendengarkan radio lokal yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang frekuensi atau gelombangnya masih bisa dijangkau.

Lalu biasanya saya dengar radio apa sih kalau di jalan?

Jujur deh, saya enggak begitu hafal banget dengan channel radio-radio yang ada di Jakarta dan sekitarnya ini. Tapi setidaknya saya biasanya lebih cenderung mendengar radio yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Radio dengan konten dakwah atau ceramah
  2. Radio dengan konten berita atau informasi lalu lintas
  3. Radio yang isinya sharing dengan para pakar / narasumber
  4. Radio yang memutar lagu-lagu

Itulah diantaranya konten radio yang saya sering dengarkan di mobil. Karena saya gak hafal channel berita tadi maka saya sih kadang suka asal-asalan aja nyari radio yang bagus dan enak untuk didengar pas di jalan.

Untuk radio dakwah saya kadang suka dengar Radio Rodja atau Radio Sillaturahim, radio tersebut kan frekuensinya AM dengn jangkauan siar yang cukup luas, jadi masih enak didengar walau jarak perjalanan kita sudah lumayan jauh dari lokasi siaran radionya. Lumyana lah diri dan hati ini kan juga perlu siraman rohani biar adem, hehe.

Kalau ngomongin radio berita dan informasi saya suka dengerin radio Elshinta nih sob. Radionya cukup edukatif, informatif dan atraktif dengan beraneka ragam berita dan informasi lalu lintas yang juga tak lupa mengajak para pendengarnya untuk berbagi info terkini yang diantaranya adalah info lalu lintas.

Wayang-Golek-dan-Antikorupsi-Talkshow-Festival-Antikorupsi-elshinta-radio-bandung
Radio Elshinta. Sumber: http://prung.org/

Btw, saya dengar radio ini sudah cukup lama loh, kalau enggak salah waktu zaman SMA udah mulai dengar nih hehe. Pokoknya radio ini paling wajib di dengar lah kalau lagi di jalan bahkan saya sampai apa nomor frekuensi radio ini hehe.

Ada juga beberapa radio lain seperti Smart FM, radio Sonora, Radio Dakta, Ras FM dan radio lainnya yang memperdengarkan atau menyiarkan konten program yang cukup bermanfaat yang enggak bisa saya sebut satu persatu.

Lalu radio musik atau lagu-lagu kok saya taruh di part paling akhir? Loh bukannya saya ini pecinta dan penikmat musik nih?

Jadi begini, bukannya saya enggak mendukung dan menikmati radio musik tetapi saya berpikiran kalau dengar lagu / musik itu kan sudah biasa dan kita pun bisa menikmati musik pada media lain selain radio dan juga bisa menikmati kapan saja dan dimana saja, oleh karenanya saya lebih cenderung memilih mendengar siaran berita / informasi ketimbang ketimbang siaran radio yang lebih cenderung memutar lagu. Tak lebih ini supaya ketika saya berkendara atau di jalan saya bisa mendapatkan informasi, ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat.

Kalau khusus untuk radio lagu, saya kadang suka banget tuh dengerin radio Camajaya FM yang banyak memutar lagu-lagu nostalgia jaman dulu, tapi karena saya enggak hafal frekuensinya jadi saya terpaksa jarang dengar, hehe.

Well, itu saja sharing pengalaman saya mendengar radio ketika berkendara di mobil. Semoga bermanfaat ya 🙂

Nah, kalau kamu sukanya dengar radio apa nih kalau di jalan?

Featured imagehobbyaudio.blogspot.com

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.