Perjuangan Untuk Subdomain

Jum’at, 16 Januari 2014 tepat satu tahun sudah usia domain website saya di shambucreartive.com. Kebetulan saya hanya menyewa domain dengan masa pakai satu tahun, jadi jelas hari Jumat lalu masa pakai domain saya sudah habis dan harus di dilakukan perpanjangan supaya website bisa mengudara kembali.

Agak dilematis memang buat saya, mau memperpanjang lagi domain itu atau enggak sama sekali saya perpanjang. Tiba-tiba terbesit di pikiran saya untuk membuat multisite atau subdomain saja untuk shambucreartive berhubung saya agak malas untuk mengelola banyak dashboard, malas juga harus login di berbagai akun dan agaknya saya  malas juga punya domain kebanyakan. Gara-gara saya banyak  blogwalking dan mengunjungi ke berbagai situs, kok sepertinya asyik ya kalau punya subdomain /multisite di website, akhirnya saya memutuskan untuk segera membuat subdomain / subsite / multisite dan segera juga mencari tahu / belajar bagaimana cara membuatnya karena jujur saja saya memang nggak begitu ahli di bidang web development dan juga saya memang masih terbilang pemula di bidang ini.

Dari semalam tadi hingga siang ini saya banyak menghabiskan waktu saya berkutat di depan laptop demi merealisasikan subdomain yang saya inginkan. Saya banyak berkutat dengan Control Panel hosting, banyak berinteraksi sama mbah Google dan YouTube untuk mencari berbagai sumber artikel dan tutorial yang menunjang pembuatan subdomain dan juga kalau sedang mentok saya chat sama Customer Service dari layanan jasa hosting dan domain yang saya gunakan.

Awalnya saya sempat bingung tentang apa itu subdomain dan subsite, tapi setelah baca artikel ini sedikitnya saya mengerti tentang hal tersebut.

CPanel pun seakan menjadi makanan saya untuk beberapa saat ini karena saya banyak menggunakannya. Berhungung saya ini pemula jadi banyak waktu yang saya habiskan untuk mencari artikel sana sini di Google dan YouTube seperti yang saya jelaskan di atas tadi. Saya banyak nyari artikel berbahasa Indonesia, namun setelah diterapkan kok hasilnya nihil. Sempat sedikit frustrasi dan pusing karena sudah nyoba berkali-kali sesuai dengan arahan dan cara-cara yang sesuai di artikel, tapi berujung dengan gagal alias gak bisa-bisa melulu.

Setelah nyari-nyari video di YouTube, saya pun nemu video berbahasa Inggris yang dibuat oleh orang bule yang negbahas tentang cara pembuatan subdomain, saya coba ikuti langkah demi langkah di video tersebut sembari saya terapkan dalam pembuatan subdomain yang sedang saya lakukan. Dan Alhamdulillah langkah demi langkah yang saya ikuti dari video tersbut berhasil di terapkan dalam pembuatan subdomain ini.

Berikut ini video tutorial yang dibuat oleh mas bule Brad Dalton:

Kenapa di video tutorial yang dibuat sama mas bule ini baru bisa diterapkan dalam kasus saya ini? Karena di video yang mas bule bikin ini tutorialnya lumayan cukup lengkap bahkan sampai ke instalasi aplikasi CMS WordPress (WP), nah kalau artikel lokal yang saya baca, jarang banget bikin tutorial yang sampai sedetil yang mas bule bikin itu.

Sempat bingung juga mau kasih nama apa untuk subdomain karena kalau tetap pakai nama shambucreartive pasti namanya jadi terlalu panjang. Akhirnya saya memutuskan untuk menambhakan / menyisipkan kata work di belakang nama domain utama. Jadilah nama work.shambustory.com yang tetap akan membawa nama / bendera shambucreartive sebagai nama subdomain saya dan subdomain saya sekarang sudah sudah bisa diakses. Untuk subdomain ini saya memakai theme yang gratisan.

So, hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman yang saya alami ini adalah sebenarnya kita pasti bisa kalau kita punya kemauan yang besar untuk dapat merealisasikan sesuatu yang kita inginkan. Dalam hal ini saya memang belum memiliki cukup ilmu / ilmu saya masih sebatas pengetahuan dasar saja di bidang web, tapi dengan kemauan saya yang besar demi merealiasikan sesuatu yang saya inginkan di tengah keterbatasan ilmu yang saya miliki. saya berhasil merealisasikan apa yang saya inginkan dengan kekuatan semangat dan kemauan belajar yang tinggi. Sama seperti saya dalam membangun blog ini, saya mempelajarinya secara otodidak / secara mandiri (Silahkan baca postingan / tulisan terikait “Mukadimah” ). Insya Allah kita pasti diberikan jalan walaupun mungkin jalan yang ada tidak begitu mulus dan ada saja halang rintangnya.

Bukan bermaksud untuk sombong dan tinggi hati, karena jujur ilmu saya nggak lebih dari kamu / Anda para jagoan dan ahli di bidang web. Da saya mah apa atuh? Saya mah hanya numpang berguru dan mengambil ilmu aja dari para master sekalian.

Sebelum saya tutup, saya mau ngucapin terimakasih yang sebesar-besarnya kepada mbah Google dan YouTube, mbah Google dan YouTubetelah mengajarkan banyak hal buat saya, saya yang tadinya nggak tau jadi tau salah satunya adalah berkat bantuan mbah Google dan YouTube juga telah memberikan banyak tayangan-tayangan video yang menghibur, edukatif dan inspiratif dan terimakasih juga untuk kustomer servis dari jasa penyedia hosting dan domain yang saya sewa karena waktu saya lagi ada trouble soal web / blog saya, saya selalu tanya ke CS dan selalu dijawab dengan baik, cukup memuaskan  lah pelayanannya.

Kini subdomain work.shambsutory.com sudah dapat mengudara, dapat dinikmati dan dikunjungi. Merupakan suatu perjuangan tersendiri buat saya dalam merealiasikan subsite / subdomain ini karena saya mesti bergulat dengan berbagai problem yang muncul di tengah keawaman saya akan hal yang sedang saya hadapi / kerjakan.

Selamat berkunjung kawan, semoga senang, salam 🙂

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

7 comments to “Perjuangan Untuk Subdomain”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. HP Yitno - 20 January 2015 Reply

    Lebih gampang bikin subdomain daripada bikin domain. Aku sering ngikut domain orang lain. Tapi kalau bikin domain sendiri belum pernah.

    • rizqishambu - 20 January 2015 Reply

      maklum lah mas saya ini kan pemula bingits mesti banyak belajar lagi dari para suhu, hahaha.. Salam kenal mas makasih sudah berkunjung 🙂

  2. Achmad Haidar - 20 January 2015 Reply

    Sangat butuh perjuangan mas, disamping subdomain yg nmanya gk tetap juga host gratis yg servernya sering down.. 😀

    • rizqishambu - 20 January 2015 Reply

      Ya bener mas, mau gak mau ya pake host yang berbayar mas 🙂 Makasih sudah berkunjung..

  3. Bang Roy Han - 29 January 2015 Reply

    Gimana caranya mas?
    Saya lagi mau pasang di pasti.in

    • rizqishambu - 30 January 2015 Reply

      Monggo bang silahkan baca artikel ini, makasih sudah berkunjung dan semoga berhasil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.