Menjala Harapan; Reklamasi Teluk Jakarta

Proyek reklamasi teluk Jakarta kini sedang menjadi isu panas yang kerap menjadi pebincangan oleh segenap warga masyarakat khusunya warga Jakarta dan sekitarnya serta juga di berbagai media cetak, online maupun media elektronik.

Proyek yang merupakan program kerja pemerintah provinsi DKI Jakarta ini menimbulkan dan menyisakan banyak tanya yang diantaranya adalah tentang dampak baik dan dampak buruk dari begulir atau berjalannya proyek ini bagi lingkungan sekitar wilayah yang terdampak dan siapa sajakah yang diuntungkan maupun dirugikan dari berlangsungnya proyek pengurukan lautan di utara Jakarta menjadi sebuah daratan.

Melalui film dokumenter karya Toni Irsan yang bertajuk “Menjala Harapan” ini, sedikitnya kita diajak untuk menyelami realita yang terjadi  di tengah masyarakat yang bertempat tinggal berdekatan dengan lokasi terdampak reklamasi yang rata-rata atau sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Cerita lengkapnya, silahkan tonton video dokumenter yang dipublikasikan di akun YouTube NC Pictures di bawah ini:

Setidaknya video di atas dapat memberikan gambaran kepada kita siapa sebenarnya yang salah dan siapa yang benar serta siapa yang sepatutnya diberikan perlindungan, keamanan dan kenyamanan di lokasi terdampak proyek reklamasi.

Semoga dengan ini kita dapat berpikir lebih jernih terhadap pihak mana yang semestinya kita bela dan kita dukung dalam proyek reklamasi yang menurut pandangan saya pribadi lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya.

Bantu share video atau tulisan ini jika memang kamu tidak ingin ekosistem dan lingkungan di sekitar Teluk Jakarta rusak atau hilang begitu saja akibat ulah keserakahan manusia, kepentingan penguasa serta kapitalisme yang kian hari kian merajalela dan kian tak terbendung lagi.

Semoga bermanfaat, terimakasih 🙂

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.