MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI

Indonesia memiliki ribuan bahkan jutaan lebih lautan yang eksotis serta mampu menarik turis lokal hingga mancanegara untuk berwisata. Salah satunya yaitu Bali. Beberapa pengunjung sering menghabiskan liburan bersama keluarga, kekasih, atau sahabat di pulau ini. Di Bali juga banyak spot wisata yang masih belum diketahui banyak orang seperti Pantai Karma.

MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI
(Sumber : pasirpantai.com)

Pantai ini terletak di bagian selatan pulau Bali. Anda hanya membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit dari bandara Ngurah Rai dengan lalu lintas lancar. Karma merupakan private beach sehingga masih belum terjamah orang banyak. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin wisata ke tempat yang tidak ramai namun teduh dan dapat sambil menikmati keindahan bawah laut atau sekadar sun-bathing.

Pantai Karma berada di bawah naungan atau dikelola langsung oleh Karma Kandara Resort yang terletak di Jalan Villa Kandara Banjar Wijaya Kusuma Ungasan, Uluwatu, Bali. Terdapat dua cara untuk tiba di di Pantai. Pertama, menginap di Karma Kandara Resort yang bisa Anda booking melalui Traveloka. Tipe kamar yang disediakan antara lain 1 bedroom pool, 2 bedroom pool, 3 bedroom pool, 4 bedroom pool, dan cliff-front residences.

MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI
(Sumber : pasirpantai.com)

Resort megah ini berada di atas tebing dan Pantai Karma berada di balik tebing sehingga untuk sampai di pantai maka Anda harus turun menggunakan inclinator melalui Sunday Beach Club. Memang akan terlihat menyeramkan karena harus melihat langsung tebing yang curam. Maka, Anda yang takut dengan ketinggian tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.

Pilihan kedua, membutuhkan tenaga ekstra dan fisik yang kuat serta suka dengan tantangan karena Anda akan menuruni sekitar 250-300 anak tangga. Anda bisa masuk melalui jalan kecil yang berada di sebelah pintu masuk Di Mare Restaurant. Bila Anda membawa kendaraan maka bisa memarkirkannya di kawasan Pura. Jadi, Anda pilih yang mana?

MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI
(Sumber : bali-indonesia.com)

Selain Pantai Karma, ada wisata terdekat lainnya di kawasan Ungasan, Uluwatu ini seperti Pura Uluwatu yang terletak di atas tebing dan di bawahnya merupakan hamparan laut dengan ombak besar. Untuk menghormati tempat beribadah umat Hindu, maka pengunjung diwajibkan mengenakan pakaian adat Bali berupa rok panjang dan selendang yang diikat di pinggang. Anda juga dapat menonton tari Kecak yang dilakukan 50-100 orang dengan biaya tambahan.

MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI
(Sumber : wikimedia.org)

Ada lagi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disingkat dengan GWK. Berjarak hanya 4.8 km dari Karma Kandara Resort. Tempat ini turut menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bali dan sayang untuk dilewatkan. Di dalamnya terdapat patung besar Dewa Wisnu dan Garuda yang ditungganginya. Anda juga dapat melihat berbagai pertunjukkan seperti Tari Kecak, Tari Barong dan Keris, Ballet Garuda Wisnu, Tari Joged Bumbung, dan lainnya.

MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI
(Sumber : cinta-wisatanusa.blogspot.co.id)

Di Street Theater GWK terdapat tempat souvenir khas Bali dan merchandise dari GWK sendiri yang merupakan titik awal dan akhir kunjungan GWK. Anda bisa mengunjungi GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market sehingga Anda bisa membawa buah tangan ke pada teman, keluarga, bahkan mungkin rekan kerja.

Soal tempat wisata, Bali tidak diragukan lagi karena serba indah dan mampu memikat para wisatawan. Namun, jangan lupa juga kalau di sini tentunya memiliki makanan khas yang dapat Anda nikmati seperti ayam betutu, sate lilit, nasi jingo, nasi campur ayam Bali, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui bahwa di beberapa tempat makan tersedia menu babi, jadi untuk Anda yang beragama muslim pastikan bertanya terlebih dulu.

Di Jalan Uluwatu sendiri khusunya Jimbaran, berdiri sejumlah rumah makan yang menyediakan beragam menu, misalnya Nasi Ayam Ibu Oki yang dihidangkan bersama dengan sambal matah dan sayuran urap. Cara memasak ayam pun berbeda karena dipadukan dengan bumbu kental basa gede yakni campuran jahe, kemiri, lada, sereh, terasi, serta kunyit sehingga terasa manis dan gurih.

MENENGOK PESONA ULUWATU, BALI
(Sumber : fabulousubud.com)

Selanjutnya, Jimbaran Bay Seafood dengan latar Pantai Jimbaran. Anda bisa menikmati hidangan sambil mendengar deburan ombak dari dekat. Menu yang ditawarkan tentunya ialah hasil laut seperti ikan baronang, barakuda, udang panggang, dan masih banyak lagi. Harga pun bervariasi tergantung dari beratnya timbangan seafood dengan kisaran Rp17.000 sampai Rp 250.000 per gram.

Wahhh puas sekali ya jika berkeliling Uluwatu. Selain memanjakan mata dengan mahakarya Sang Pencipta, Anda juga bisa sambil berwisata kuliner. Ayo segera ke Bali!

Featured image: www.bali-indonesia.com, diedit oleh www.shambustory.com.

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.