ManageWP

ManageWP adalah salah satu plugin WordPress yang berfungsi untuk mengatur multiple sites yang berbasis WordPress. Jadi kalau kamu /Anda punya banyak halaman web yang berbasis WordPress sementara kamu nggak mau ribet untuk mengelola lebih dari satu dashboard WP dan kamu mau menggabungkan banyak site / dashboard yang kamu punya menjadi dalam satu dashboard saja, plugin ManageWP ini bisa menjadi solusinya.

Lalu bagaimana cara kerja dan bagaimana cara menggunakan plugin ini?  Saya sendiri nggak paham karena saya sendiri baru mengetahui tentang plugin ini. Saya sudah coba-coba menggunakan dan mengotak-atik plugin ini, tapi hasilnya saya masih kebingungan. Jadi setelah saya sudah menginstal plugin tersebut saya nggak menemukan menu / pilihan dari plugin tersebut di area dashboard WordPress, saya hanya menemukan sebuah pop up saja dari plugin ini yang terletak di arah header / atas dari dashboard dan ketika kita klik salah satu text hyperlink yang ada pada pop up maka halaman langsung terarah pada situs milik ManageWP.

Saya sih sudah mencari tutorial tentang cara menggunakan plugin ini, tapi tutorial yang ada beda sekali sama tampilan antar muka dari web ManageWP yang ada saat ini. Sebetulnya kalau lihat di tutorial penggunaan plugin ini cukup terbilang mudah, tapi waktu saya coba selalu gagal / nggak pernah bisa. Saya cukup mentok waktu mau coba add website di halaman dashboard ManageWP (lihat gambar di bawah), saya selalu gagal dalam memasukan data website padahal saya sudah benar dalam menuliskan data tersebut dan saya cukup bingung juga, kok ini nggak bisa-bisa ya, apanya yang salah ya kira-kira? Padahal keadaan plugin ManageWP di dashboard WP sudah dalam keaadan aktif, tapi apadaya, tetap nggak bisa juga dan saya nggak ngerti deh harus bagaimana.

Untuk sementara ini saya terpkasa nggak jadi menggabungkan kedua web saya menjadi satu dalam satu dashboard dan saya tetap menggunakan dashboard masing-masing web untuk melakukan pengeditan.

Nah kira-kira adakah kawan-kawan blogger / pengunujng sekalian yang paham akan seluk beluk penggunaan plugins ini? Monggo, ditunggu komentar dan pencerahannya, salam 🙂

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

2 comments to “ManageWP”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Soni - 21 January 2015 Reply

    Hehehe nice info gan 😀

    • rizqishambu - 21 January 2015 Reply

      Hehe makasih gan 🙂 Lagi bingung ini, wkwkwk..

Leave a Reply

Your email address will not be published.