Lembang Dalam Pelatihan Biogas

Lama tidak update blog, akhirnya saat ini saya coba turun gunung untuk mulai menulis kembali, mengisi lembar demi lembar yang kosong ini. Saatnya menyimak cerita saya berikut ini:

Tibalah saya di Kecamatan Lembang yang kini sudah menjelma menjadi bagaikan sebuah kota yang terbilang lumayan cukup ramai. Angkot berwarna cream jurusan Ciroyom – Lembang telah berhasil membawaku kepada sebuah daerah yang keberadaanya selalu dirinudukan.

Ya, Lembang selalu membawaku selalu ingin kembali ke pangkuannya. Kali ini aku sedang kembali kepada pangkuan sebuah wilayah yang masuk dalam Kabupaten Bandung Barat ini yang tidak lain adalah karena saya hendak mengikuti pelatihan / training mengenai pembuatan Biogas yang diselenggarakan oleh Yayasan Rumah Energi di PT. Bhumi Asri Lumigar (PT. BAL).

logo-yre
Logo Yayasan Rumah Energi

 

Pelatihan Biogas kini berlokasi di Lembang. Yeaah akhirnya saya bisa menapak tilas kembali disini karena dulu saya sempat singgah tinggal disini selama beberapa waktu ketika Ibu saya ditugaskan disini dan ketika juga saya masih tinggal di Bandung yang pada akhirnya membuat saya cukup jatuh cinta dengan Kecamatan ini.

Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan pembuatan reaktor Biogas selama kurang lebih hampir 9 hari dan selama hampir 9 hari pula saya mesti meninggalkan rumah di Depok. Hmm, apa itu reaktor Biogas? Silahkan cek link berikut ini untuk lebih jelasnya: http://www.biru.or.id/index.php/digester/.

Adalah Biogas Rumah atau disingkat BIRU yang merupakan program dari Yayasan Rumah Energi. Disini PT. BAL sebagai mitra dari Yayasan Rumah Energi dalam pembuatan atau pembangunan reaktor Biogas oleh karenanya dilakukanlah pelatihan bagi para tukang dari PT. BAL dalam membangun reaktor ini. Lalu apa peran saya disini? Apakah menjadi tukang?

logobiru
BIOGAS RUMAH; Olah Limbah Jadi Berkah.

Saya bukan menjadi tukang disini, tetapi saya hanya menjadi perwakilan saja dari Yayasan Anugrah Illahi yang telah lebih dulu mengadakan pelatihan pembuatan Biogas di Sukabumi, Jawa Barat dan sekaligus untuk menambah iilmu dan mematangkan kembali perihal Biogas ini dari segi pembangunan yang bersifat teknis maupun bersifat non teknis.

 

Seperti apa pelatihannya? Selama dua hari adalah teori yang berada di dalam kelas, kemudian di hari ketiga hingga selesai adalah praktek membangun reaktor Biogas di lapangan.

Berikut ini adalah beberapa foto dokumentasi selama saya mengikuti kegiatan pelatihan pembuatan Biogas:

Ngggg, apa lagi ya? Nggg, saya rasa saat ini sekian dulu sharing saya mengenai pengalaman saya dalam pelatihan pembbuatan biogas ini. Terimakasih atas atensi teman semua terhadap blog ini. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu pengunjung belog ini, iya kamu.

Akhirnya, cukup sudah kerinduan akan menulis di blog ini pun terobati lewat sedikit kata dan kalimat yang coba saya rangkai dalam tulisan ini dan semoga kerinduan para pembaca akan karya tulis saya pun juga dapat terobati.

Lembang, Bandung, 27 September 2016 dalam pelatihan Biogas.

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.