Kelas Blogging di Depok Menulis 06

Jam 9 pagi saya masih santai di rumah, masih sok sibuk dan malas gerak (mager), sebab semestinya saya harus sampai pukul 10 tepat untuk mengikuti workshop blogging di salah satu cafe di bilangan Margonda, Depok yang diadakan oleh komunitas Depok Menulis.

Bermodalkan keyakinan bahwasanya saya akan sampai lokasi dengan waktu yang tidak terlalu terlambat karena saya berpikiran kalau rumah saya dengan lokasi acara tidak terlalu jauh, di waktu yang bisa dibilang cukup genting yaitu sudah hampir melewati lebih dari jam 10 pagi, dengan hati yang lapang saya mengawali dan memulai perjalanan saya menuju Margonda, Depok demi menimba ilmu seputar blogging.

Kalau dipikir-pikir dekat sih memang jarak dari rumah saya ke Margonda, paling hanya beberapa kilometer saja lah.  Ternyata walau terasa dekat, namun di Sabtu ini jarak yang dekat menjadi terasa jauh karena hal yang diluar perkiraan saya, yaitu “Macet”. Tetiba macet pun menghadang di sepanjang jalan Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Benar-benar di luar dugaan, macet terjadi di jam 10 pada Sabtu pagi ini begitu menyayat hati, sebab saya rasa di hari biasa di jam dan lokasi yang sama mungkin tidak akan semacet ini. Sungguh dilematis memang menjadi warga kota, hampir diseparuh waktu dalam hidupnya disuguhkan oleh sesuatu bernama “macet.”

Bukan badai dan bukan juga hujan yang saya terjang, hiruk pikuk manusia dan lautan kendaraan yang berseliweran di jalanan dengan dentuman asap kendaraannya serta teriknya mentari pagi menjelang siang-lah yang kini saya terjang. Alhamdulillah atas Kuasa-Nya, dengan menumpangi sepeda motor yang berumur sudah lebih dari sewindu berhasil sampai di lokasi acara walaupun tidak datang dengan on-time.

Sebut saja cafe bernama TranzEat yang menjadi tempat berlangsungnya workshop dengan tema basic blogging yang diadakan oleh Depok Menulis.

BACA JUGA:  Wisata Floating Market

Mbak Inne RA, founder ibutekno.com menyampaikan materi
Mbak Inne RA, founder ibutekno.com menyampaikan materi

Awalnya saya ingin sekali mengikuti workshop ini adalah karena materinya tentang blogging, dan saya pikir pembahasan kali ini akan mengulas perihal blogging lebih dalam. Tetapi ternyata materi pada workshop kali adalah tentang bagaimana cara membuat blog dengan menggunakan platform WordPress. Karena rata-rata peserta disana baru akan membuat blog, sedangkan saya sudah punya blog, maka dalam sesi praktek saya manfaatkan untuk mengutak-atik blog dan menulis tulisan ini. Dan disesi pemaparan dan diskusi sebelum praktek berlangsung saya manfaatkan dengan bertanya seputar pembahasan blogging.

Walau saya sudah terbilang cukup lama di dunia blogging yaitu sejak 2011, tapi masih ada saja hal yang belum saya ketahui seputar blogging, dan Alhamdulillah pada workshop kali ini saya mendapat ilmu yang bermanfaat yang belum saya ketahui sebelumnya baik pada sesi pembahasan maupun pada sesi praktek.

Workshop Membuat Blog Dengan WordPress
Workshop membuat blog dengan WordPress

Karena peserta lain sibuk membuat blog sekaligus bertanya kepada pemateri tentang hal yang kurang dipahami oleh peserta. Sembari menulis tulisan ini, saya pun berinisiatif membantu teman peserta yang ada di sebelah saya ketika mengalami kesulitan ketika me-manage blog WordPress yang baru saja dibuat berbekal sedikit pengetahuan blogging dengan platform WordPress yang saya ketahui.

Dipotong dengan waktu istirahat, Shalat dan makan, workshop berlangsung dengan khikmad. Begitu pandangan saya terperdaya oleh antusiasme dari para peserta yang terlihat cukup semangat dalam menyimak dan mempraktikan apa yang Mbak Inne ajarkan tentang langkah-langkah dalam membuat blog.

Workshop Basic Blogging by Depok Menulis
Workshop basic blogging oleh Depok Menulis

Ketika para peserta dirasa sudah cukup dan sudah selesai semua dalam membuat blog-nya masing-masing untuk pribadi maupun untuk komunitasnya, maka tibalah di penghujung waktu worhskop tiba, yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Foto bersama berlangsung cukup meriah karena peserta didominasi oleh kaum Hawa, jadinya kaum Adam mesti sedikit mengalah, hehe. Karena saya belum memiliki file foto saat sesi foto bersama, maka mohon maaf jika foto tidak saya tampilkan.

Ya, kalau dalam film ada yang berjudul Sabtu Bersama Bapak, kalau versi saya adalah Sabtu Bersama Blog, hehe. Alhamdulillah hari Sabtu yang bermanfaat ,dimana saya bisa menimba dan mendapatkan ilmu serta bisa sedikit sharing ilmu tentang blog dan menulis yang memang menjadi passion saya.

Besar terimakasih saya ucapkan kepada Depok Menulis yang telah menyelenggarakan worksop Depok Menulis ke 6 yang menarik dan bermanfaat. kepada akutahu.com yang telah memberikan inspirasi lewat sekilas presentasinya dan juga kepada Mbak Inne, founder ibutekno.com yang telah memberikan ilmu dan materi yang bermanfaat seputar blogging yang tentunya memotivasi kita semua untuk dapat terus berkarya di ranah blog dan menulis.

Semoga ada hikmah dan manfaat yang bisa kita ambil di akhir pekan ini ya sobat.

Terimakasih dan salam 🙂

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

4 comments to “Kelas Blogging di Depok Menulis 06”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Sabda awal - 11 September 2017 Reply

    Senang rasanya mereka antusias bikin blog, say sendiri juga kurang paham platform wp, karena selamat in setia pakai blogger

    • Rizqi shambu - 11 September 2017 Reply

      Kalau saya sendiri sempat pakai blogger bang, cuma setelah membandingkan antara WordPress sama Blogger, ternyata saya lebih jatuh cinta sama WP bang dan sampai saat ini belum bisa berpaling ke lain hati nih bang, hehe…

      Makasih sudah berkunjung ya bang Awal, salam 🙂

  2. Ikrom - 11 September 2017 Reply

    aku pingin banget ikutan acara kayak gini
    pengen belajar pake wordpress lebih dalem lagi

    • Rizqi shambu - 11 September 2017 Reply

      Iya, kalau menurut saya jarang sekali ada workshop yang membahas hal teknis seperti ini mas,. Dan ternyata workshopnya sangat bermanfaat sekali buat peserta yang belum tahu cara membuat blog dan baru akan memulai blogging, terlebih wokshopnya diajarkan menggunakan platform WordPress yang lumayan banyak dipakai banyak orang.

      Terimakasih sudah berkunjung Mas Ikrom, salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.