Jelajah Taman Kalijodo 2017

Hari ini sepulangnya saya dari kantor klien di daerah Pluit, Jakarta Utara, saya menyempatkan diri untuk berkunjung menjelajahi Taman Kalijodo yang dulunya adalah bekas lokasi atau tempat prostitusi. Kini tempat yang dulunya adalah lokasi prostitusi ini sudah berevolusi menjadi sebuah ruang terbuka hijau yang digunakan warga untuk berbagai macam aktivitas.

Diapit dua sungai, taman ini menyuguhkan sensasi yang berbeda, sebab belum pernah ada sebelumnya taman yang serupa atau semodel dengan taman Kalijodo yang ada sekarang ini dengan segudang fasilitas pelengkapnya.

Dan seumur-umur, baru di tahun 2017 ini lah berkesempatan untuk melihat lebih dekat lokasi atau wilayah Kalijodo ini. Dulu waktu masih jadi tempat terlarang, saya malah sama sekali tidak tahu tentang lokasi wilayah ini karena saya masih awam dan belum cukup familiar dengan wilayah Jakarta Barat maupun Jakarta Utara secara mendalam.

Datang ke tempat yang baru pertama kali saya datangi, rasanya kurang lengkap bila saya tidak sekalian hunting foto di sekitar taman yang berusia kurang dari setahun ini. Pastinya kamu yang belum pernah kesini juga pasti penasaran akan wujud taman ini seperti apa.

Baca Ini Yuk: Wisata Floating Market

Yuk kita intip hasil foto saya saat memotret Taman Kalijodo yang rupawan dan menawan ini:

shambu journey at kalijodo
Kalijodo hasil CSR Sinarmas Land.
shambu journey at kalijodo
Wahana bermain anak di Taman Kalijodo.
shambu journey at taman kalijodo
Taman Kalijodo.
shambu journey at taman kalijodo
Wah ada mural The Popo nih di Kalijodo.
www.shambustory.com
Trek BMX di Kalijodo.
shambu journey at taman kalijodo
Sign bertuliskan Kalijodo persembahan sebuah minuman teh.
shambu journey www.shambustory.com at taman kalijodo
Bocah tengah asyik bermain skateboard di tengah cuaca yang terik.
shambu journey www.shambustory.com at taman kalijodo
Bermain BMX dengan riangnya.
shambu journey www.shambustory.com at taman kalijodo
Diantara panasnya cahaya matahari di Kalijodo.

Nah, bagaimana penilaian saya terhadap taman ini? Overall sih tamannya sudah bagus, hanya saja masih ada yang perlu diperbaiki. Diantaranya yang paling menyita perhatian adalah taman ini masih cukup gersang dan panas jika mentari di siang hari cukup terik dan angin pun tidak terlalu terasa hembusannya karena pepohonan yang ada juga belum tumbuh besar dan masih banyak yang berupa bibit tanaman saja.

Baca Ini Yuk: TIPS & RUTE PERJALANAN FLOATING MARKET

Alangkah baiknya bilamana di sekitar taman diberi kipas angin atau semacam alat pendingin udara supaya warga yang berkunjung ke taman bisa merasakan kesejukan atau ya paling tidak kan bisa dibawa atau ditanam pohon yang sudah mulai tumbuh besar atau sudah berumur sehingga bisa memberikan suasana yang sejuk.

Lalu yang menyita perhatian saya juga adalah bau kali yang masih cukup menyengat. Uuuhhh, semerbak baunya tidak sedapnya cukup menggugah selera untuk memilih tidak berlama-lama di taman ini. Sayang juga kan taman sebagus dan sehijau ini mesti dinodai dengan bebauan menyengat yang membuat orang jadi tidak nyaman dan tidak betah berlama-lama di taman. Hmmm, ini adalah kode bagi Pemprov DKI untuk segera membenahinya supaya taman tetap terjaga keasriannya.

Dan kesimpulan yang bisa saya ambil setelah saya berkunjung ke taman eks tempat prostitusi ini adalah… Karena taman ini masih cukup gersang di mata saya, menurut hemat dan pandangan saya taman ini masih kalah bagus dan menarik daripada taman Sempur di Kota Bogor yang menyuguhkan keindahan, keasrian, kehijauan, keromantisan dan yang paling penting adalah kesejukan karena pepohonannya yang begitu rindangnya. Ya, ini hanya penilaian saya saja ya, kalian boleh berpendapat berbeda kok :).

Sebelum saya tutup tulisan ini ternyata ada yang menarik dari taman ini loh apa itu? Ini dia…

Taman Kalijodo
Batas wilayah taman Kalijodo antara Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Ternyata taman ini berada di dua wilayah kotamadya yang berbeda loh sobat, yaitu berbatasan antara Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Walaupun masuk dalam wilayah yang berbeda, tapi taman ini tetap bisa akur loh sob, hmmm apa sih..

Oh ya, buat kawan yang belum tahu lokasi Taman Kalijodo itu dimana, saya share lokasinya via maps dibawah ini ya yang bisa membantu kalian ketika kehilangan arah dan tujuan:

Baiklah kawan, sekian dulu ya perjumpaan kita berjalan-jalan dan menjelajah di Taman Kalijodo, Semoga ada hikmah dan manfaat dari perjalanan saya kali ini.

Terimakasih sudah mampir membaca dan semoga menginspirasi 😀

Saya sudah berkunjung ke Taman Kalijodo, kamu kapan hayaooo??

Salam, www.shambustory.com.

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.