Film Pendek HAI

Halo sahabat, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat yaa :).

Kali ini saya mau coba berbagi ulasan tentang film pendek yang berjudul Hai. Nah apa itu? Yuk lanjut baca ulasan saya berikut ini..

Film pendek Hai merupakan film tugas kuliah saya dalam mata kuliah Audio Visual. Di mata kuliah ini kita diperkenalkan dengan dunia film dan juga belajar  membuat suatu karya film walaupun bisa dibilang ilmu yang didapat hanya sekedar basic maupun pengetahuan umum saja soal film serta memang tidak begitu intens dalam mempelajarinya.

Oleh karenanya mata kuliah ini hanyalah 3 SKS saja. Kalau saya sih ya memaklumi karena memang saya bukan kuliah di jurusan film, tapi sebenarnya kata dosen pengampu mata kuliah ini seharunya mata kuliah ini 6 SKS supaya teori dan praktek bisa tersampaikan dan terlaksana semua. Tapi apadaya, kebijakan jurusan seperti ini, ya sudahlah.

Tapi biar bagaimanapun saya tetap senang dan berterimakasih karena sudah mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga dalam pembuatan film melalui mata kuliah ini.

Ok, di dalam mata kuliah ini seluruh mahasiswa di kelas wajib membuat kelompok, satu kelompoknya maksimal berjumlah 6 orang. Setiap orang dalam kelompok tersebut memegang peranan atau job desk masing-masing. Ada yang menjadi sutradara, kameraman, editor, penulis naskah, produser dan ada yang bertugas di bagian artistik dan perlengkapan. Setiap orang dalam satu kelompok bisa jadi mendapat double job.

Misalnya dalam project ini saya bertugas sebagai kameraman dan merangkap juga sebagai editor video. Karena SDM nya terbatas, merangkap pekerjaan sah-sah saja :D.

Setiap kelompok disini diwajibkan untuk membuat karya film berupa video klip dan juga film pendek yang temanya sudah ditendukan oleh dosen. Tugas film ini sendiri merupakan tugas kedua setelah tugas pertama kita membuat video klip.

Mungkin kamu penasaran juga tentang cerita / ulasan dibalik pembuatan video klip, tapi tenang ulasan tentang video klip akan saya tulis di tulisan / postingan selanjutnya, saat ini saya fokus mengulas film pendek dulu yaahh, hehehe…

Dalam tugas film pendek ini kelompok saya mengambil genre horor. Lalu untuk ide cerita / gagasan / konsep dari film ini kita sama-sama melakukan branstorming hingga akhirnya idenya dapat dieksekusi ke dalam bentuk audio visual.

Jadi singkatnya film ini bercerita tentang seorang pemuda yang baru saja pulang kembali ke rumah / kamar kosnya di kota dari kampung halamannya. Kemudian ketika Ia kembali ke kamar kosnya ia menemukan / menjumpai kejanggalan dan keanehan yang berbau mistis. Ternyata sesosok makhluk gaiblah yang mengusik keberadaan pemuda tersebut.

Lalu siapa sajakah yang terlibat dalam pembuatan film ini, inilah dia jeng, jeng, jeng…

Ai
Hari Kurniawan

Yang pertama ada Bang / Mas Hari Kurniawan yang bertugas sebagai Sutradara. Abang yang satu ini lumayan menyumbangkan ide untuk pembuatan film ini.

Aryus
Surya Adi Saputra

Yang kedua ada Masbro Surya yang bertugas sebagai kameraman 1 / utama. Kawan saya yang satu ini amat berjasa sekali dalam pembuatan film ini, selain bikin storyboard untuk film ini  masbro ini udah merelakan dan meluangkan waktunya untuk menemani saya mengedit film ini, bahkan sampai-sampai kita sempat begadang dan gak tidur demi menyelesaikan post produksi film ini. Emang gila deh, hehe.. Terimakasih kawan Surya, tanpa bantuan situ mungkin film ini enggak akan terlahir di Jakarta, wkwkwk..

Puji
Puji Illafien

Di deretan ketiga ada Mas Puji. Mas-mas yang satu ini bertugas sebagai penulis naskah yang merangkap juga sebagai ahli cetak mencetak. Segala macam keperluan cetak di film ini dialah ahlinya dan juga berbagai urusan mengenai buku produksi film mas ini juga yang membantu menyelesaikannya.

Warry
Wari Susanto

Di posisi ke empat ada Mas Wari. Di film ini mas Wari memegang peran penting, karena kalau nggak ada mas Wari mungkin film ini enggak bakalan jadi. Apa itu? Ya mas Wari bertugas sebagai pemeran utama dan merangkap sebagai Produser.

Alasan utama kenapa Mas Wari ini yang jadi talentnya adalah karena wajah mas Wari ini selalu cocok untuk ditempatkan di dalam berbagai suasan bahkan dalam suasana horor sekalipun, cocok banget deh untuk genre film ini, hahaha 😛

ANE
Muhammad Rizqi Hidayatullah

Nah yang kelima ini, adalah saya sendiri. Disini saya bertugas / berperan sebagai kameraman 2, editor video, desainer poster dan juga turut gabung menjadi pemeran pembantu sebagai tukang ojek. Rangkap kerjaan yang cukup lumayan, hahaha..

Film ini tanpa saya bagaikan kopi hitam tanpa gula alias pahit. Bayangkan jika saya nggak jadi tukang ojek dalam film ini saya nggak tahu lagi apa jadinya film ini, hahahaha 😛

Edhy
Dian Kusuma Edhy

Di urutan ke enam ada Dian Edhy yang bertugas sebagai Produser.

Penasaran dengan foto dokumentasi proses pembuatan film ini? Silahkan kunjungi postingan saya sebelumnya: DOKUMENTASI SHOOTING FILM PENDEK “HAI”


Yap, cukup sudah saya cerita panjang lebarnya, kini saatnya kita lanjut ke bagian / sesi nonton, sudah nggak sabar kan mau lihat aktingnya Mas Wari, yuk langsung saja kita tonton filmnya langsung dari akun YouTube shambuchannel, selamat menyaksikan dan jangan lupa pintu theater bisokopnya dibuka dulu ya hohoho..

Bagaimana filmnya? Lumayan menggugah selera kan? haha..

Saya gak menafikan sih masih banyak kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam pembuatan film ini, maklum saja sih kita ini masih pemula dan masih dalam tahap pembelarajan yang tiada henti dalam pembuatan film. Jadi kurang dan lebihnya mohon dimaafkan ya penonton :).

Sebelum saya tutup tulisan ini saya akan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Mas Ady Santoso, S.Ikom, M.Sn selaku dosen mata kuliah Audio Visual yang telah membagikan ilmu, pengetahuan dan pencerahan dalam dunia filmmaking / pembuatan film. Berkatnya saya jadi memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia audio visual khusunya film.

Walaupun hasil akhir dari film ini bisa dibilang masih belum memuaskan, tapi pengelaman berharga dalam pembuatan film ini tak akan pernah terlupa :D.

Akhir kata, terimakasih sudah menyempatkan membaca tulisan /  ulasan tentang film pendek HAI ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya sobat.

Ok jangan lupa subscribe yaa kawan :))

Wassalam..

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.