Danau Itu Bernama Dora

Jpeg
Danau Dora by shambustory.com

Assalamu’alaikum..

DORA, mendengar namanya selalu yang ada dalam ekspektasi kita adalah tentang sebuah nama dalam karakter kartun yaitu Dora The Explorer yang kemana-mana selalu membawa tas ransel yang salah satunya berisi peta dan selalu berpergian bersama temannya seekor monyet yang bernama boots.

Tapi ini bukanlah Dora yang merupakan karakter kartun tersebut, melainkan Dora disini adalah nama sebuah danau yang letaknya tersembunyi namun memiliki view yang begitu eksotis..

Mengapa saya sebut tersembunyi? Walau danau ini terletak di lokasi yang strategis di daerah Cibinong dan tidak begitu jauh dari Jalan Raya Bogor, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui lokasi danau Dora ini berada termasuk saya yang baru tahu belakangan ini setelah diajak berkunjung ke sini.

Tepatnya 9 Desember sewaktu libur Pemilukada kemarin saya berkunjung ke danau ini.

Ternyata danau ini terletak di kompleks penelitian milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, Kabupaten Bogor yang memang sejatinya tempat ini tidak dibuka untuk umum atau bukan menjadi konsumsi umum sehingga wajar bilamana danau ini saya beri predikat surga dunia yang tersembunyi di tanah Bogor, hahaha 🙂

Surga dunia nan eksotis ini bukanlah isapan jempol belaka. Berikut adalah bukti nyata eksotisme di danau ini:

Jpeg
Eksotisme Danau Dora

Memang sih orang tahunya lokasi ini tidak dibuka untuk umum bahkan saya pun sama tapi setelah saya masuk ke dalam kompleks LIPI ternyata banyak juga kok warga yang berkunjung dan masuk ke dalam kompleks LIPI termasuk mengunjungi danaunya.

Hanya mugkin karena danau ini bukanlah danau yang dikomersilkan sehingga danau ini belum begitu ter-ekspose di media sehingga banyak orang yang belum tahun danau ini walau terletak di lokasi yang strategis.

Dengan hanya membayar biaya parkir untuk motor seharga Rp.3.000,- dan untuk mobil saya tidak tahu berapa tarif parkirnya sebab saya waktu itu naik motor, kita sudah bisa mengeksplor dan menikmati kenidahan dari danau ini. Jadi bisa dibilang tiket masuk ke dalam danau ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Kalau kata yang mengajak saya main ke danau ini sih katanya danau ini bentukny semacam eco park. Ekspektasi saya tentang eco park itu adalah dimana kita mendapatkan suatu edukasi ketika berada di dalamnya, namun sayangnya saya tidak mendapatkan dan tidak menemukan hal tersebut disana.

Setelah saya browsing ternyata eco park di danau ini hanya karena di danau ini kerap digunakan sebagai wadah penelitian bagi para peniliti maupun para akademisi, jadi ketika berkunjung kesini jangan harap kita akan diberikan semacam edukasi dari para guide yang mungkin ada layaknya di tempat wisata edukasi sebab memang tidak ada sama sekali guide disini hanya ada penjaga parkir saja yang mungkin bisa kita kepo-in atau tanya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjelajahi danau ini sebab luas danau ini memang tidak terlalu luas. Kondisi kebersihan lingkungan di danau ini gak perlu khawatir, Alhamdulillah kebersihannya masih terjaga dan terkendali kok, saya kemarin jarang melihat sampah banyak beserakan dan tong sampah pun mudah ditemui jadi kalau mau buang sampah tidak perlu bingung mesti buang kemana.

 

Okelah, nama sih boleh Dora, tapi sampai saat ini saya masih bertanya-tanya mengapa danau ini dinamakan dengan danau Dora padahal saya tidak melihat nuansa Dora bak dalam film kartun, hehe.. Mohon yang tau bisa bantu menjawabnya haha..

Saking eksotisnya banyak anak-anak yang mengisi waktu bermainnya dengan berenang dan bermain di sekitar danau..

Bocah 3
Berenang dengan lepasnya.

Subhanallah, indah sekali pemandangan disini. Suasana damai dan tenang di danau seperti ini jarang sekali saya rasakan di Depok. Walau di Depok banyak danau namun patut disayangkan danau yang ada masih belum terkelola dengan baik, danau yang ada pun hanya menjadi tempat penampungan air saja. Semoga kedepan danau yang ada di Depok bisa mendapat perhatian lebih dari pihak terkait 🙂

Terimakasih ya sudah mengajak saya untuk menikmati dan mengeksplor pesona eksotisme danau Dora di selatan kota Depok dan Jakarta ini.

Bagaimana, masih penasaran dengan bentang alam dan pesona danau Dora? Silahkan datang dan kunjungi langsung danau Dora di komplek LIPI Cibonong yang beralamat di Jl. Raya Jakarta Bogor KM 46, Cibinong 16911, Kab. Bogor, Jawa Barat – Indonesia.

Masih bingung dengan alamat di atas? Semoga peta di bawah bisa membantu kamu yang ingin mengunjungi danau Dora ya 🙂

Terimakasih sudah mampir membaca, semoga bermanfaat dan semoga bisa menjadi referensi untuk mengisi waktu liburan sahabat semua ya 🙂

Selamat berlibur..

Wassalamu’alakum 😀

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

2 comments to “Danau Itu Bernama Dora”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. wati - 18 February 2016 Reply

    memang bagus buat foto foto apalagi ada jembatan kayu yang menghubungkan ke daratan disebrangnya

    • rizqishambu - 21 February 2016 Reply

      Iya betul sekali, memang bagus buat foto-foto. Pokoknya tempat aslinya lebih bagus daripada yang ada di foto saya deh, hehe..

      Terimakasih sudah berkunjung ya Mbak Wati, salam 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.