Bekerja Dengan After Affects

Untuk keperluan tugas kuliah pembuatan video iklan (TVC), saya menggunakan beberapa aplikasi salah satu diantaranya adalah saya menggunakan aplikasi pengolah motion grafis dan efek yaitu Adobe After Effects. Memang sih saya baru pertama kali ini bekerja secara penuh / powerfull menggunakan aplikasi ini. Cukup menyenangkan sih bisa menggunakan aplikasi ini walaupun saya sendiri masih pemula dalam menggunak After Effects ini. Saya banyak buka buku dan banyak bertanya ke mbah Google. Hmm, nggak jadi masalah kok kalau banyak bertanya dan buka buku, karena kita kan sejatinya memang harus terus belajar πŸ™‚ .

Saya bekerja / mengerjalan tugas ini dengan menggunakan laptop Acer yang saya miliki dengan spesifikasi hardware sebagai berikut:

Spesifkasi laptop Acer V5 shambustory.com
Spesfikasi laptop: Windows 8, RAM 4GB dan VGA 2GB Nvidia GeeForce 710M.

Saya sendiri memang sudah terbiasa bekerja dengan menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan saya. Dalam pembuatan tugas kali ini saya menggunakan Adobe After Effects versi CS6. Saya sudah terbiasa menggunakan software keluarga Adobe seperi Adobe Premiere, dll. Ketika menggunakan Adobe Premiere di laptop dan yang saya gunakan adalah vesri CS6, laptop saya masih terbilang kuat dan mampu untuk menjalankan aplikasi tersebut tanpa patah-patah alias lancar.

Karena ini kali pertama saya bekerja penuh dengan After Effects, saya pikir tidak akan berat di laptop dan akan sama ringan digunakan seperti Adobe Premiere di laptop. Tapi pada kenyataanya apa yang saya pikirkan tidaklah menjadi kenyataan. Realita pahit yang mesti saya rasakan, ciee pahit nih yee haha. Ternyata software Adobe After Effects begitu berat digunakan di laptop, patah-patah, lag saat dijalankan dan aplikasi ini cukup memakan memori yang cukup besar.

Adobe After Effects www.shambustory.com
Kondisi memori dalam keadaan aplikasi baru terbuka
Adobe After Effects www.shambustory.com
Ketika proses rendering memakan memori yang cukup besar

Ya, After Effects cukup memakan memori laptop saya terlebih saat sedang proses preview video dan juga proses rendering. After Effects memang berbeda dengan Adobe Premiere dimana After Effects lebih menekankan pada efek-efek motion, animasi dan video efek yang otomatis lebih memakan sumber daya memori yang besar. Dan Alhamdulillah tugas pun telah saya selesaikan #MissionComplete πŸ™‚ .

P.S:

So, buat kamu yang mau menggunakan After Effects khususnya versi baru diharapkan menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi tinggi supaya pekerjaan yang kamu lakukan dapat berjalan lancar.

Jangan lupa subscribe ya sobat, salam πŸ™‚

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.