Akhirnya Tugas Akhir

Wah, enggak terasa nih perkuliahan saat ini sudah masuk ke babak Tugas Akhir saja nih. Ya Allah, padahal mah TA nya udah dimulai dari kapan tau, tetapi saya baru sempat menuliskan tentang hal ini sekarang, haha.

Akhirnya setelah hampir dua tahun, saat yang dinanti dan paling ditunggu-tunggu pun tiba, Tugas Akhir tentunya. Ya, sekarang bisa dibilang sudah memasuki di bulan ke dua pengerjaan. Udah masuk bulan kedua nih, bagaimana dengan progres tugas saya?

Sebelum saya bahas lebih dalam tentang progres tugas saya, saya akan jelaskan terlebih dulu tentang Tugas Akhir saya secara umum.

Lah kan saya ini program S1, kok Tugas Akhir sih bukan Skripsi?

Jadi begini, kebetulan kalau jurusan desain di kampus saya ini memang proyek akhirnya bukan Skripsi tapi Tugas Akhir yang mungkin serupa dengan program D3. Yang membedakan dengan Skripsi disini adalah proyek akhir dalam TA adalah membuat suatu karya desain, nah kalau Skripsi di jurusan desain itu lebih kepada mengamati dan meninjau karya orang lain atau karya desain yang sudah ada.

Hmm, bikin karya, memang apa sih karya yang mau saya buat? Awalnya saya mengajukan judul karya untuk pembuatan karya desain photo book digital atau interaktif, jadi karya buku foto saya nantinya bukan dalam bentuk cetak tapi dalam bentuk buku digital interaktif. Tetapi ketika hampir memasuki pertengahan bulan kedua lalu, dengan sangat terpaksa setelah berkonsultasi dengan dosen pembimbing akhirnya karya buku foto saya gagal untuk direalisasikan karena berbagai alasan di perihal konsep, tujuan dan manfaat pembuatan karya buku foto yang saya ajukan.

Walau buku foto saya telah sirna untuk direalisasikan, tetapi dosen pembimbing saya tidak tinggal diam, Beliau mengarahkan saya untuk membuat karya desain campaign atau dalam bahasa Indonesia adalah kampanye yang bertemakan tentang isu yang sama seperti yang saya angkat ketika saya hendak membuat atau mengajukan judul karya photo book, karena menurut Beliau hal ini masih dimungkinkan untuk diaplikasikan pada jenis karya yang berbeda.

Sebetulnya isu apa sih yang saya angkat ke dalam karya saya? Penasaran?
……………………………………………………………………………………………………………….
Duh, pasti penasaran deh…

Tema atau isu yang saya angkat dalam karya Tugas Akhir ini adalah mengenai isu tentang kesemrawutan Jakarta. Awalnya saya mengangkat isu kesemrawutan kota Jakarta secara umum atau secara luas, namun sekarang ini saya kerucutkan atau dibatasi hanya isu soal kesemrawutan lalu lintas atau jalanan di Jakarta saja yang akan saya angkat.

Media kampanye yang saya buat diantaranya adalah meliputi media audio visual (film / video), media sosial (desain 2D) dan juga website. Karena belum lama saya ini ganti judul karya, maka sejauh ini saya baru menyelesaikan perancangan konsep atau ide untuk pembuatan video kampanye saya. Tadinya saya mau mulai pengambilan gambar pekan ini, tapi karena konsep video dan juga segala tetek bengek yang berkaitan pra-produksi masih belum matang dan belum siap betul, dengan sangat terpaksa Insya Allah mulai pekan depan saya sudah mulai bisa melakukan pengambilan gambar.

Maklum saja lah, saya ngerjain karya TA ini kan bukan kelompok melainkan dikerjakan secara mandiri dan perseorangan, jadi ya wajar lah semuanya jadi agak rumit atau ribet sebab saya harus bekerja secara multi tasking, hehehe.

Selain membuat karya desain, tidak lupa saya pun mesti membuat penulisan laporan karya Tugas Akhir. Jadi setelah otak ngebul karena urusan desain, otak dan diri ini pun mesti bekerja lebih keras lagi untuk menyelesaikan penulisan laporan karya, duhhh perjalanan menuju Sarjana memang gak mudah ya, wkwkwk.

Sudah itu apa lagi nih? Saya berharap sih bisa menyelsaikan tugas atau karya saya ini dengan baik ditengah-tengah waktu pengerjaan karya yang bisa dibilang relatif hampir singkat, hehe. Semoga saya bisa mengejar deadline untuk pameran bulan depan. Demi mengejar itu semua, segala daya, upaya dan tenaga yang saya miliki saya curahkan sepenuh dan seutuhnya kepada sang Tugas Akhir ini yang walaupun sebenarnya kalau mau dimanjakan atau dituruti sebenarnya saya tak kuasa dan tak berdaya mengahadapi ini semua, uuhhhh, haha.

Dan setelah pameran selesai, barulah saya memasuki babak akhir atau mungkin bahasa game-nya adalah saya memasuki atau mulai melawan raja terakhir, wkwkwkw, yaitu adalah sidang TA.

Hmmm, terakhir sebelum saya tutup tulisan ini adalah saya memohon do’a dan dukungannya kepada para netizen dan pembaca / pengunjung blog ini sekalian akan kelancaran proses pengerjaan TA saya, semoga segalanya dapat berjalan dengan lancar dan jikalau saya menemui hambatan semoga saya bisa melewati dan menyelesaikannya serta semoga juga saya bisa mengejar waktu / deadline yang ditentukan oleh jurusan sehingga saya bisa lulus tepat waktu dan dapat menjadi sarjana di tahun ini, tentunya menjadi sarjana yang dapat mencerdaskan bangsa, Insya Allah, Amin :).

Well, itu saja yang bisa saya share di malam libur panjang kali ini. Terimakasih sudah mampir membaca celotehan saya tentang Tugas Akhir yang sedang saya jalani yang sukur-sukur juga kamu turut mendoakan saya. Semoga kamu bisa mengambil manfaat dari apa yang saya share ini ya sobat.

Selamat berlibur, semoga liburannya menyenangkan :).

Insya Allah, Allah SWT memberkahi dan merahmati kalian pembaca blog ini ya, Amin.

Rizqi shambu

Muhammad Rizqi also know as "shambu." Graphic designer, photographer, video editor, creativepreneur & blogger / writer since 2011, based in Depok, West Java, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.