Blogger yang berasal dari Depok, Jawa Barat, Indonesia.

Assalamu’alaikum..

Tak kenal maka tak sayang, maka ijinkan saya untuk memperkenalkan diri.

Halo, saya Muhammad Rizqi.

Kalau sudah kenal silahkan bisa langsung panggil saya sayang 😛

Pemuda berkebangsaan Indonesia yang lahir di kota Kembang, Bandung, pada tanggal 14 Agustus bertepatan dengan hari Pramuka se-Indonesia. Kalau ke Bandung nyari kembang, lalu kembangnya tidak ada, nah kembang itu telah berevolusi menjadi wujud saya yang tulisannya sedang kalian baca ini, hahaha.

Rizqi adalah nama Islami yang umum menjadi nama panggilan yang memang itu merupakan nama asli saya. Ada yang unik disini, dibalik nama saya yang sudah cukup baik, mengandung unsur do’a dan menumbuhkan harapan dalam nama saya namun dalam keseharain saya lebih akrap atau familiar dipanggil bukan dengan nama tengah melainkan ada nama lain yang menjadi penggilan akrab saya ialah “shambu”.

Muhammad Rizqi "shambu" www.shambustory.com
Muhammad Rizqi “shambu” founder of shambustory.com

Hmmm, ada apa ya dengan nama “shambu” ini? Padahal sedari kecil sampai sekarang saya umumnya sering dipanggil Kiki yang namanya sudah menjadi nama panggilan yang cukup familiar di jagad pernamaan dengan nama yang serupa. Jadi ceritanya begini… Ngggg, nanti lah ya di tulisan, segmen atau kesempatan lain saya akan mebahasa soal seluk beluk dan latar belakang nama “shambu” secara lebih mendalam, tajam dan terpercaya. Yang pasti sejak SMP saya mulai akrab dengan panggilan “shambu” sampai sekarang.

Maka tidak perlu heran dengan nama blog ini atau media maupun project lain yang saya buat pasti saya sertakan nama “shambu” di dalamnya.

Terlahir dari keluarga kecil satu Ibu, satu Ayah, satu Kakak dan saya adiknya. Saya adalah anak bontot dalam keluarga, biarpun menjadi terakhir dalam keluarga saya selalu berusaha untuk menjadi yang terdepan kalau di lampu merah, eh kok 😛

Saya menikmati masa kecil saya yang kurang lebih dipenuhi oleh rasa bahagia di kota Cimahi, Bandung, dari sejak lahir hingga tahun 2001-an.  Kemudian separuh perjalanan hidup saya di masa Sekolah Dasar dari tahun 2001-an tepatnya kelas 4 SD saya lalui dan saya habiskan di Jakarta hingga tamat SD. Alasan pekerjaan orang tua lah mengharuskan saya untuk hijrah dari Bandung ke Jakarta.

Alhamdulillah semasa tinggal di Bandung, saya sempat merasakan dan menikmati masa-masa gembira sebagai siswa di SDIT / Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera, Cibabat, Cimahi, Bandung walau hanya sampai kelas 4 SD. Dan tak luput dari ingatan juga ketika saya menghabiskan sisa masa SD saya bersama kawan-kawan di SDN Cawang 04 Pagi dengan penuh kesan yang hingga kini masih melekat di hati.

Kemudian masa SMP dan SMA saya lewati dan nikmati pada sekolah dengan fasilitas asrama selama 6 tahun (2004 – 2010) di  daerah Indramayu, Jawa Tengah. Walhasil saya pun terbilang sebagai perantau di tanah orang dan tidak sepenuhnya kembali menjadi warga Jakarta.

Lulus SMA (2010) saya bukan lagi menjadi warga Jakarta seutuhnya, sebab di tahun 2009 saya kembali pindah ke luar Jakarta. Adalah kota Depok yang letaknya di selatan Jakarta yang menjadi destinasi perpindahan saya dan keluarga saya yang tidak besar ini. Alhamdulillah dari 2010 hingga saat ini saya resmi menjadi warga Depok seutuhnya.

Belajar & Mulai Menulis

Tak pernah terpikirkan dalam benak saya sebelumnya untuk menulis karena memang saya bukan terlahir dari keluarga penulis, orang tua saya menulis hanya untuk kebutuhan pendidikan saja, seperti menulis skripsi, dll. Hingga pada tahun 2011 segalanya berubah, Alhamdulillah, ternyata Allah SWT telah menuntun jalan saya kepada kegiatan positif ini.

Tahun 2011 saya mulai belajar menulis secara mandiri, bukan tanpa sebab tetiba saya mulai belajar menulis pada saat itu, berkat salah satu acara talkshow bersama Raditya Dika yang diadakan di kampus Politeknik Negeri Jakarta. Tulisan yang berkaitan dengan event dan momen tersebut bisa dibaca disini:  “Flashback setahun yang lalu dalam “Chit Chat with Raditya Dika”.

Alhamdulillah acara tersebut menjadi momen perubahan bagi saya, dimana seusai saya mengikuti acara tersebut saya mulai memberanikan diri untuk mulai menulis yang Alhamdulillah pula kebiasaan tersebut masih bertahan hingga detik ini sehingga saya pun memiliki tekad untuk tetap dan terus menulis hingga akhir hayat nanti, Insya Allah saya bisa tetap istiqomah dan konsisten dalam menulis ya, Amin 🙂

Dan saya mau mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya buat Bang Raditya Dika yang sudah menginspirasi saya untuk mulai belajar menulis, kalau mungkin talkshow-nya saat itu di kampus PNJ bukan di isi oleh Bang Radit mungkin tulisan yang sedang kamu baca ini tidak akan tercipta 😀

Belajar Blogging

Menulis dan blog bagi saya adalah dua hal yang saling memiliki keterkatian karena blog memang pada dasarnya adalah berisikan tentang kumpulan tulisan namun bisa atau tidak saja bukan berisikan sebuah tulisan melainkan kumpulan gambar-gambar, itu semua tergantung pada sang pemilik blog akan konten yang akan dipublikasikan.

Saya adalah salah satu penulis dan netizen yang menggunakan blog sebagai media untuk mempublikasikan karya saya khususnya karya tulisan saya.

Tepatnya saya mulai aktif di dunia blogging terhitung sejak saya mulai belajar menulis di tahun 2011 dan saya mempublikasikan tulisan pertama saya lewat blog. Blog tumblr dengan nama secretofshambu menjadi tempat saya mempublikasikan tulisan pertama di tahun tersebut, namun tulisan pertama atau awal saya sudah saya hapus di blog tesebut karena saya anggap tulisan pertama atau awal saya memiliki gaya penulisan yang enggak terarah sehingga saya hapus dan saya mulai menulis dengan gaya tulisan baru. Silahkan kunjungi blognya di secretofshambu.tumblr.com.

Setelah cukup nyaman menggunakan blog tumblr akhirnya saya mulai beralih nge-blog dengan menggunakan WordPress yang gratisan pada Maret 2013. Saya ingin mencari suasana nge-blog yang baru. Alhamdulillah pada Maret 2013 tersebut lahir dan terbitlah www.shambustory.wordpress.com yang bertahan hingga Desember 2014.

Alhamdulillah di pertengahan Desember 2014, shambustory.com lahir dan terbit. Akhirnya saya pun mulai move on dari shambustory.wordpress.com dan mulai aktif menulis di blog dengan domain dot com ini, tapi jangan khawatir sebab blog lama saya belum saya hapus dan masih bisa dikunjungi 😀

Tak hanya aktif pada blog yang telah saya sebutkan di atas, saya pun aktif mengelola beberapa blog lain, diantaranya saya aktif sebagai admin dan kontributor pada blog alumni SMA saya di sixth-generation.blogspot.com, aktif sebagai penulis pada blog project apresiasi saya terhadap rilisan fisik di thephysicalrelease.wordpress.com, aktif mengelola blog karya fotografi saya di blog shambuphotography dan saya sempat aktif mengelola blog tentang pendidikan  atau perkuliahan saya di www.shambuakademika.wordpress.com.

Itulah sekelumit cerita diri saya dengan blog yang saya kelola.

Gaya Penulisan

Berbicara tentang gaya penulisan adalah hal yang sangat esensial sekali dalam menulis. Gaya penulisan dapat menjadi ciri khas atau karakter dalam atau bagi tulisan kita.

Sekian tahun saya belajar menulis dan banyak membaca karya tulisan orang lain akhirnya saya menemukan gaya penulisan yaitu dengan gaya penulisan yang serius tapi santai. Sehingga dengan gaya penulisan saya yang sedikit menggunakan bahasa baku ini munculah persepsi jika tulisan saya ini terkesan terlalu serius.

Dengan gaya tulisan seperti ini saya sebetulnya tidak berniat untuk menulis tulisan dengan konten yang serius melulu, tapi saya hanya ingin menggunakan atau sedikit menyisipkan bahasa Indonesia yang baku karena saya yakin pembaca blog ini bukan hanya orang Jakarta dan sekitarnya yang tidak / kurang begitu familiar dengan bahasa pergaulan saya sebagai warga pinggiran Jakarta.

Oleh karenanya agar dapat membaur dengan pembaca dan pengunjung blog ini dengan latar belakang wilayah yang berbeda-beda, maka saya putuskan untuk mulai menulis dengan gaya penulisan yang seperti kalian baca saat ini.


Terimakasih sudah berkunjung ke blog shambustory.com. semoga ada manfaat yang bisa diambil dari blog ini. Silahkan ambil dan sebarkan sesuatu yang postitif dari blog ini dan jika dirasa ada hal yang negatif dari blog ini silahkan buang jauh-jauh hal tersebut.

Salam.

FIND ME ON 

LINKEDIN TWITTER | INSTAGRAM | FACEBOOK | TUMBLR | BLOGGER

Leave a Reply

Your email address will not be published.